Bupati Depri Pontoh Membuka Secara Resmi Latsar CPNS Kabupaten Bolmut Tahun 2021

  • Whatsapp

BOLMUT, SULUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh membuka secara resmi kegiatan pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pola Kemitraan dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSMD) Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021 secara virtual yang bertempat di ruang bupati bolmut, Senin (04/10/2021).

Perlu diketahui bahwa, pelaksanaan kegiatan lastar cpns tahun ini, diatur dalam peraturan kepala lembaga adiministrasi negara nomor 1 tahun 2021 tentang pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil.

“Dimana dalam pelatihan ini terdapat perubahan mendasar khususnya dalam mempertimbagakan kondisi pandemi covid 19 saat ini, sehingga dilakukan penyusaian dalam sistem penyelenggaraan pelakasanaan pelatihan dasar CPNS,” jelas Depri.

Depri mengatakan, dari metode klasikal berubah menjadi metode blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran klasikal dan pembelajaran mandiri (Distance learning).

“Model pembelajaran ini adalah suatu model pembelajaran yang menggabungkan metode pengajaran face to face dengan metode pengajaran berbasis komputer, baik secara off line maupun on line untuk membentuk suatu pendekatan pembelajaran, yang tatap muka, aplikasi, belajar, mandiri, tutorial, kerjasama, dan evaluasi,” kata Depri.

Lanjutnya, pola pembelajaran ini merupakan solusi efektif dalam pelaksanaan pelatihan dasar CPNS dimasa pandemi covid 19 saat ini, dengan tidak menggeser teori teori pembelajaran lama melalui pembinaan yang mengarahkan pada upaya peningkatan sikap dan semangat pengabdian yang berorentasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan tanah air, kompetensi teknis, manajerial, kepemimpinan, dan efisiensi, efektivitas serta kualitas.

Pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya.

“Untuk itu dengan pola pembelajaran ini, bukan berarti metode pelatihan dasar yang tidak diasramakan tidak dapat membentuk sosok PNS yang memiliki kompetensi yang baik, namun sebaliknya, pola pelatihan dasar ini bisa lebih baik lagi dalam melahirkan PNS yang memiliki kompetensi dan kedisilpinan yang tinggi,” ucapnya.

Dalam rangka penguatan budaya kerja sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia, serta untuk melaksanakan ketentuan undang undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, maka diperlukan keseragaman nilai nilai dasar ASN.

“Untuk penguatan budaya kerja serta ketentuan Undamg Undang Nomor 5 Tahun 2014 maka diperlukan nilai nilai dasar ASN,” tutup Depri Pontoh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *