Iskandar-Deddy Resmi Buka Pameran Arkeologi se-BMR di Bolsel

  • Whatsapp

BOLSEL, SULUT– Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid menghadiri sekaligus membuka pameran arkeologi se Bolaang Mongondow Raya yang dipusatkan di Penginapan Arta City Desa Popodu Kecamatan Bolaang Uki. Rabu, (23/06/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Arkeologi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) ini, sekaligus dengan memperingati hari Purbakala yang ke-108.

Diketahui kegiatan pameran tersebut berlangsung selama 2 Hari.

Mengawali sambutannya Bupati Hi. Iskandar Kamaru mengucapan terima kasih dan sangat mengapresiasi yang tinggi kepada Balai Arteologi Suluttenggo yang sudah membuat kegiatan pameran di Bolsel.

“Atas nama Pemerintah Daerah tentunya saya mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Arteologi Suluttenggo yang di laksanakan di Bolsel,” ucapnya.

Iskandar Kamaru juga menyampaikan bahwa, sebelumnya mereka sudah menyaksikan situs-situs budaya peninggalan Sejarah.

“Bolsel merupakan Eks Swapraja bekas kerajaan Bolango dan pusatnya ada di molibagu, tadi juga kita sudah menyaksikan situs-situs budaya peninggalan zaman dahulu, mudah-mudahan situs-situs yang sudah kita lihat tadi bisa temukan di Bolsel,” ujar Hi. Iskandar.

Dikatakannya lebih lanjut, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolsel kedepan akan melakukan penelitian dengan Balai Arteologi Suluttenggo terkait situs-situs budaya yang ada di Bolsel.

“Kedepan Pemda akan melakukan penelitian dengan Balai Arteologi Suluttenggo terkait dengan situs-situs budaya Bolsel, saya harap hal ini mendapatkan dukungan dari kita semua sehingga generasi muda bisa mengetahui di Bolsel aada situs Sejarah atay benda purbakala,” lanjutnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wahyudin Kadullah saat diwawancarai awak media menyampaikan, pameran Arteologi tersebut mengahadirkan situs-situs budaya yang ada di Bolaang Mongondow Raya.

“Jadi pameran Arkeologi ini menghadirkan situs-situs budaya yang ada di Bolaang Mongondow Raya, tujuannya untuk menggali potensi budaya yang disesuaikan dengan Visi dan Misi Bupati terkait dengan kebudayaan,” katanya.

Ia juga mengatakan, Bolsel adalah daerah bekas Swapraja yang potensinya luar biasa.

“Bolsel ini adalah Daerah Eks Swapraja yang potensinya sangat luar biasa apalagi cagar budanya, namun memang belum digali sepenuhnya dan langkah ini adalah momentum untuk bagaimana membengkitkan kembali kebudayaan yang ada di Bolsel,” tuturnya.

turut dihadiri Kadis Parawisata Wahyudin Kadullah, Kepala Balai Arteologi Sulutenggo Wuri Handoko, Anggota DPRD Abdul Razak Bunsal, Asisten II Mohammad Suja Alamri, dan Komunitas Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Bolsel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *