Disdik Kotamobagu Gelar Sosialisasi Tentang Pembinaan dan Pemantapan KKG

  • Whatsapp

KOTAMOBAGU, SULUT – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kotamobagu, Jumat (03/09/2021), menggelar sosialisasi tentang pembinaan dan pemantapan Kelompok Kerja Guru (KKG) kelas atas tingkat Kota Kotamobagu, yang dilaksanakan di SDN I Motoboi Kecil.

Diketahui, KKG adalah komunitas/kelompok kegiatan profesional bagi guru SD/MI yang masih berada dalam satu gugus/kecamatan. KKG sendiri merupakan kumpulan guru kelas dalam satu kecamatan dan dibedakan menjadi tiga, yaitu KKG guru kelas, KKG guru Pendidikan Agama, dan KKG guru Penjasorkes.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Kotamobagu Kusnadi Pobela mengatakan, bahwa keberadaan KKG ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan skill guru, baik saat berada di dalam maupun di luar kelas. Semoga KKG ini mampu membawa perubahan positif di lingkungan sekolah. Adapun indikator keberhasilan yang ingin dicapai yakni, mutu pelayanan pembelajaran mengalami peningkatan, dan guru anggota, bisa saling tukar pengalaman.

“Sehingga terjadi umpan balik antar anggota, serta dalam pengetahuan, keterampilan, sikap dan kinerja guru semakin meningkat. Hal itu bisa dilihat dari cara mengajar di dalam kelas, hasil yang diperoleh bisa meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah,” kata Kusnadi.

Selain itu, sebagai seorang tenaga pendidik, guru harus memiliki kompetensi dan keahlian mumpuni sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 20 ayat b menyatakan, bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

“Undang-undang sudah memberikan gambaran jelas bahwa tenaga pendidik harus memiliki kualitas unggul, sehingga bisa menghasilkan generasi unggul pula. Kualitas pendidik ditentukan oleh kualitas kompetensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, pendidik/guru harus memiliki wadah tersendiri untuk meningkatkan profesionalitas kerjanya. Wadah yang memungkinkan untuk dibentuk adalah KKG guru sekolah dasar,” ujarnya.

Ia menambahkan, tujuan yang hendak dicapai dari KKG adalah memberikan ruang atau tempat kepada guru-guru di Kotamobagu, untuk meningkatkan pengetahuan serta profesionalitas sebagai seorang pendidik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *