Disperinaker Kotamobagu Lakukan Pendataan, Evaluasi dan Monitoring terhadap Industri Kecil dan Menengah

  • Whatsapp
Ilustrasi

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Kotamobagu bersama tim, Selasa (19/10/2021), melakukan kegiatan pendataan Industri Kecil dan Menegah (IKM), di Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Kepala Bidang Perindustrian, Norman Jaya Muis mengatakan, kegiatan ini merupakan pendataan, evaluasi dan monitoring IKM yang ada di wilayah Kecamatan Kotamobagu Selatan.

“Kami hari ini turun di Kecamatan Kotamobagu selatan, untuk melakukan pendataan perusahan atau industri yang sudah berkembang di Kotamobagu Selatan, yang datanya belum ada di Disperinaker,” ungkap Muis, kepada Sulawesion.com saat dikonfirmasi.

Pada proses pendataan di Desa Bungko tersebut, Dispernaker menemukan IKM yang mengelola daging kelapa menjadi bahan setengah jadi, dan dikirim ke pihak yang sudah bekerja sama untuk dijadikan produk.

“Kami menemukan pengolahan white coconut meat, atau daging kelapa putih di Desa Bungko. Daging kelapa putih tersebut melewati proses pengolahan di IKM, kemudian dikirim ke PT SASA INTI untuk diproduksi menjadi tepung dan santan kelapa,” kata Muis.

IKM tersebut, dikatakannya, sudah sekelas industri menengah. Sebab dari jumlah pekerja sudah di atas 19 orang.

“Sebelumnya kami sudah mendapatkan informasi dari industri tersebut, untuk itu hari ini kami melakukan kunjungan sekaligus pendataan. Dari hasil kunjungan tersebut, ternyata industri ini tidak hanya mengolah daging kelapa, tetapi juga mengolah arang tempurung. Ini sangat baik, ke depan masyarakat sudah bisa melihat potensi yang ada di daerah untuk dikelolah menjadi produk,” bebernya.

Muis juga berharap, semoga kedepannya industri yang ada di Kotamobagu akan lebih maju dan dapat meningkatkan perekonomian di daerah. “Semoga ke depan, produk IKM yang ada di Kotamobagu dapat menembus pasar di daerah – daerah lain,” harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *