Kabar Baik, Rafael Malalangi Akhirnya Diterima Sebagai Casis Bintara Polri

  • Whatsapp
Konferensi Pers yang digelar di Mapolda sulut. Foto Noufriyadi

MANADO – Calon siswa Bintara Polri Tahun 2021 bernama Rafael Malalangi yang awalnya dinyatakan lulus casis Polri kemudian dibatalkan, akhirnya hari ini, Jumat (30/1/2021) mendapatkan kabar baik. Melalui konferensi pers yang dilakukan oleh Polda Sulawesi Utara, Rafael tetap diakomodir menjadi casis Bintara Polri.

 

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan langsung, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulawesi Utara, AKBP Jules Abraham Abast. Menurut Abast, Kapolda Sulut telah merekomendasikan ke Kapolri, dan Kapolri telah menyetujui bahwa Rafael tetap menjadi Casis Bintara Polri.

 

“Dia akan mengikuti pendidikan Bintara Polri, kalau bukan gelombang kedua, akan diikutkan pada Gelombang pertama tahun 2022,” tukas Abast.

 

Rafael Malalangi merupakan salah satu calon siswa Bintara Polri tahun 2021 yang lulus seleksi nasional dan sudah diumumkan virtual oleh panitia. Kedua orang tuanya pun langsung bersyukur dan mengadakan ibadah syukur kelulusan anak mereka. Tetapi kabar mengejutkan tiba-tiba datang. Keluarga menerima surat jika anaknya dinyatakan tidak lulus dan sudah digantikan orang lain pada Kamis (29/7/2021).

 

Melalui vide yang diunggah keluarga, mereka mengadu ke Presiden Jokowi.Keluarga Rafael merasa kejadian yang dialami anaknya tidak adil. Ayah Rafael, Christofel Tumalun lewat video, mengadu kepada Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

Dia meminta keadilan untuk putranya yang belakangan disebut tidak lulus sebagai Bintara Polri. “Apakah ini adil pak. Kami orang susah, orang tak punya pak. Kami mohon keadilan. Mohon bantuan dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Kapolri, kiranya anak kami dapat pendidikan,” ucapnya dalam video viral.

 

Setelah kejadian tersebut, berbagai pihak termasuk Anggota DPR-RI Hillary Brigita Lasut langsung merespon dan menghubungi Kapolri untuk mengusut kejadian tersebut. “Kejadian seperti ini tidak bisa dibiarkan dan harus diusut sampai tuntas,” ujar Hilary saat memberikan pernyataan. Dia berterima kasih kepada Kapolda yang telah menjaga marwah institusi Polri dan berharap agar dapat diusut jika memang ada oknum yang pekerjaannya mengecewakan Kapolda diberikan teguran tegas.

 

Noufriadi Sururama

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *