Pemdes Tumaluntung I Minsel Melaksanakan Pelatihan Teknologi Tepat Guna untuk Kelompok Tani

  • Whatsapp

 

MINSEL – Kepedulian Pemerintah Desa Tumaluntung I, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dibuktikan dengan diadakannya pelatihan tekhnologi tepat guna untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dan para petani desa tersebut, Selasa (15/6/2021).

Didampingi para petugas dari penyuluh pertanian propinsi, Alfons Kondoy, Penjabat Hukum Tua Yenny Laode SH.MH, mengajak bekerjasama untuk memberikan penyuluhan tepat guna kepada para petani dan kelompok tani yang ada di Desa Tumaluntung I.

Kali ini Hukum Tua mengajak beberapa petugas untuk memberikan motivasi kepada para petani untuk menggunakan pupuk alami yang ada di sekitar masyarakat. Mereka diajak membuat pupuk, khususnya kategori pupuk kandang atau limbah dari para peternak yang ada di desa.

Yenny dan perangkat desa mengajak para petani untuk mengolah pupuk dari limbah hewan ternak dalam hal ini hewan babi dan ayam.

“Kami Pemerintah Desa Tumaluntung I melaksanakan kegiatan tekhnologi tepat guna dalam hal pengolahan pupuk kandang menjadi lebih bermanfaat bagi para petani yang ada di desa, mengingat limbah dari hewan yang diternak selama ini hanya di buang, dan bahkan menimbulkan bau yang tidak enak, maka kami pemdes bekerjasama dengan pihak terkait, ingin memfungsikan limbah/kotoran dari hewan peliharaan agar bisa bermanfaat untuk para petani,” ujar Yeni.

Menurutnya, saat ini mereka fokus kepada limbah/kotoran babi yang selama ini sering membuat permasalahan di masyarakat karna baunya. “Tapi setelah kami mengajak penyuluh pertanian dan mereka menyambut dengan baik maka jadilah kami bekerjasama untuk menjadikan limbah/kotoran hewan itu untuk di jadikan pupuk,” ucap Yenni.

“Saya sebagai PLH Hukum Tua mengimbau kepada masyarakat untuk sebisanya mengolah pupuk alami, jangan tergantung dengan pupuk yang dibuat secara kimiawi. Di desa kita banyak peternak hewan (babi ) kenapa petani tidak bisa menggunakannya sebagai pupuk,” tukasnya.

Kegiatan ini dihadiri Sekdes Ruddy Longdong, Youli Sumakul Pendamping Desa, Jayen Tuyuwale Penyuluh Pertanian Minsel, Yanne Rompis Pendamping Tekhnis Fisik. Pelatihan dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Desa Tumaluntung I, yang dihadiri oleh para petani dan kelompok tani.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *