Bahan Baku dari Buah Pala, Porodisa Wine Mulai Jadi Primadona Wisatawan di Talaud

  • Whatsapp

TALAUD- Kepulauan Talaud memiliki banyak produk unggulan. Salah satunya, minuman wine yang terbuat dari buah pala. Wine dimaksud yakni Porodisa Nutmeg Wine atau Wine Anggur Pala.

Awalnya, pala merupakan tumbuhan berupa pohon dan memiliki nilai yang tinggi sebagai rempah-rempah.

Namun seiring perkembangan zaman, buah pala bukan hanya menjadi rempah-rempah, tapi telah beradaptasi menjadi bahan baku wine tradisional di Kabupaten Talaud.

Porodisa Nutmeg Wine ini sendiri diproduksi oleh produsen lokal dari Desa Mangaran. Wine ini memiliki citarasa tersendiri yang pastinya tidak ada duanya di belahan bumi ini.

Sebagai minum khas Bumi Prodisa, wine lokal tersebut kini telah menjadi primadona, terlebih bagi para wisatawan yang melancong ke Talaud.

Pemerintah setempat telah melegalkan minuman ini bahkan sudah dimasukkan ke dalam UMKM.

“Minuman wine pala itu sudah masuk UMKM, hanya saja belum bisa dipasarkan secara umum. Saat ini diperbolehkan masih khusus sekadar untuk oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung di Talaud,” ujar Kepala bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan UKM Syiane Garing SE.

Porodisa Nutmeg Wine ini memiliki kadar alkohol rendah yakni lima persen. Dan untuk sementara, wine ini dibanderol Rp60.000 serta dapat dikonsumsi oleh orang dewasa berumur 21 tahun ke atas. Namun untuk ibu hamil, tidak diperbolehkan mengonsumsi wine ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *