DKPP Support Program Unggulan Jagung di Talaud

  • Whatsapp

TALAUD – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) terus mendukung program Pemkab Talaud yang dipimpin Bupati dr Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga.

Salah satunya dengan meningkatkan program unggulan komoditi jagung yang saat ini menjadi primadona baru di Bumi Porodisa.

Kepala DKPP Talaud Drs Melksion Saweduling MM ME mengatakan, untuk menindaklanjuti atau menyukseskan program ini pihaknya telah mengukuhkan kelompok tani atau poktan yang terhimpun dalam Himpunan Bertani Lestari.

“Kegiatan ini dibuka oleh Camat Damau Marlein Sukardi Tuage kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan 26 kelompok tani yang dikukuhkan oleh Kades Taduale Arman Saluman,” ujarnya.

Saweduling juga menyampaikan apresiasi kepada petani yang telah proaktif bersama pemerintah desa dan kecamatan untuk memperkuat kelembagaan petani.

“Karena melalui pengukuhan ini secara legalitas formal, keberadaan poktan sebagai wadahnya petani menjadi baku dan resmi. Sehingga baik pembinaan bahkan penyaluran bantuan pemerintah, akan lebih fokus dan terarah,” jelasnya usai menyerahkan sertifikat pengukuhan kelompok kepada masing-masing ketua poktan.

Ia juga berharap kegiatan bercocok tanam ini dapat memperkuat katahanan pangan lokal demi peningkatan kesejahteraan petani.

“Secara khusus menindaklanjuti atau menyukseskan program pemda untuk komoditas jagung yang oleh bupati dan wabup dijadikan sebagai primadona baru di Bumi Porodisa,” pungkasnya.

Selesai kegiatan, dilanjutkan dengan forum dialog dalam rangka menyerap aspirasi petani dan dilanjutkan dengan materi penyuluhan pertanian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *