Kepala DKPP Melksion Semangati Petani di Pulutan

  • Whatsapp
pelantikan tani se kecamatan pulutan

TALAUD, SULUT  – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kepulauan Talaud Melksion Sawenduling memberi motifasi para paetani di Kecamatan Pulutan, Rabu (28/4/2021).

Momentum tersebut disampaikan Sawenduling saat melantik kelompok tani di kecamatan tersebut. Menurutnya, negara ada karena adanya petani.

“Dalam hal ini DKPP ada karena adanya masyarakat petani. Karena itu kehadiran kami sesungguhnya ialah untuk melayani petani,” kata Melksion Saweduling.

Ia mengatakan, atas komando atau perintah dari pimpinan daerah, Bupati Elly Engelbert Lasut dan Wabup Moktar A Parapaga, pihaknya disuruh untuk terjun melihat langsung kondisi riil di tingkat petani.

“Dan yang menjadi perhatian utama bagi kami ialah memperkuat aspek kelembagaan petani itu sendiri,” ujar Saweduling yang turut didampingi sekretaris Djemi Awasa.

Faktor selanjutnya ialah memacu peningkatan produktivitas hasil pertanian.

“Dan untuk hal ini tentunya sangat membutuhkan keseriusan dari petani sebagai pelaku utama,” terangnya.

Dalam kesempatan itu juga, di depan pimpinan poktan ia mengimbau agar para petani tidak menjadikan pekerjaan taninya sebagai sampingan saja.

“Jika mau berhasil maka petani harus bersungguh-sungguh dan fokus pada profesinya, jangan hanya dijadikan sebagai sampingan saja.

Pasalnya, ia melihat fakta di lapangan selain bertani para petani juga menjalani profesi lain.

“Hal ini sangat berdampak pada petani menjadi kurang fokus,” ucap Saweduling.

Sementara itu, Camat Pulutan Grace Maharani Basinung melaporkan jumlah kelompok tani yang dikukuhkan sebanyak 32 poktan dengan rincian 2 poktan naik ke kelas lanjut dan 30 poktan sebagai kelas pemula.

“Untuk jumlah kartu tani elektronik yang disalurkan sebanyak 130 buah, dan terkait dengan tindak lanjut dari Gerakan Tanam Jagung (Gentaja) di Kecamatan Pulutan untuk luasan lahan sebesar 11,75 Ha,” kata Basinung.

Perwakilan pengurus kelompok tani, Paulus Sapo, James Gedoan dan Max Maatuil mengungkapkan bahwa untuk mencapai hasil yang maksimal perlu adanya dukungan berupa benih unggul, pupuk, obat-obatan, peralatan yang memadai.

Untuk itu, mereka berharap agar pemerintah bisa memberi perhatian khusus bagi kaum petani melalui bantuan program dan kegiatan, subsidi, bahkan pendampingan dan pelatihan dari petugas penyuluh lapangan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi petani.

Diketahui, pengukuhan kelompok tani yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Masyarakat (BPM) Desa Pulutan ini turut dihadiri oleh Tim DKPP Kab Kep Talaud, Camat Pulutan dan Kepala Desa se Kecamatan Pulutan. (*)

JEDLY TAMPILANG

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *