Pemkab Talaud Gandeng Kejati Sulut Dalam Pendampingan Hukum

  • Whatsapp

TALAUD, SULUT – Pemerintah Kabupaten Kepulauan meminta Pendampingan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara, dalam merealisasikan kegiatan pembangunan di tanah Porodisa.

Wakil Bupati Drs Moktar Arunde Parapaga membenarkan proses pendampingan hukum terkait rencana Pembangunan Depot Pertamina dan Rumah Sakit Rujukan Skala Internasional di tahun Anggran 2021.

Menurut Wabup Parapaga, tindakan Preventif dipandang perlu dalam mengantisipasi adanya upaya Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), terhadap pengelolaan keuangan negara melalui kegiatan pembangunan dimaksud.

“Pendampingan hukum sangat penting dalam setiap pelaksanaan kegiatan pembangunan yang menggunakan keuangan negara. Hal ini semata mata mengantisipasi adanya praktik tipikor,” ujar Parapaga.

“Karena korupsi bukan hanya terkait dengan penggelapan uang negara, juga kelalaian dalam pekerjaan dan mencuri waktu termasuk soal kesalahan admistrasi,”jelas Wabup Parapaga lagi.

Dengan demikan, Pemerintah Kabupaten kepulauan Talaud bekerja sama dengan pihak Kejaksaan Tinggi Sulut yang tidak lain sebagai Pengacara Negara.

“Kita wajib meminta pendampingan hukum kepada jaksa selaku pengacara negara. Dan bukan hanya Kejati, namun juga bisa meminta mendampingi dari pihak Kejaksaan Negeri Melonguane,”tegas Wabub Parapaga.

Hal tersebut ikut dibenarkan Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud Agustiawan Umar ketika diwawancarai wartawan belum lama ini.

Dimana Pemkab Talaud membutuhkan pendampingan hukum dalam mengelola keuangan Negara melalui kegiatan pembangunan yang menelan anggaran yang cukup besar.

“Atas permintaan Pemkab Talaud tersebut, Kepala kejaksaan Sulut memerintahkan kami Kejaksaan Kepulauan Talaud untuk mendampingi dua proyek yang besar yakni, Depot Pertamina, dan Rumah Sakit Rujukan Skala Internasional,” kata Kajari Talaud

Sehingga nanti, dalam membangun Dua Proyek Besar yang menjadi Ikon dari Pemerintah Kabupaten Talaud, haruslah dilaksanakan dengan berhati-hati dan Profesional.

“Dari awal sudah memulai pendampingan di seluruh badan dinas di lingkup Pemkab Talaud,”tutup Kajari Umar.

JENLY TAMPILANG

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *