Talaud Ekspor Tuna ke Australia, Parapaga: Ini Sejarah Baru

  • Whatsapp

TALAUD – Wakil Bupati Talaud Drs Moktar  Parapaga memimpin pelaksanaan Launching Ekspor Perdana Komoditi Perikanan dari Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud ke Australia, yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Talaud Rabu (14/04/2021).

 

Dalam kesempatan itu, mewakili Bupati Elly Lasut, Moktar mengatakan momentum ini merupakan trobosan sekaligus sejarah bagi Talaud yang telah memulai debutnya dalam mengekspor ikan ke negara luar.

Moktar Parapaga menambahkan, momentum ini juga perlahan namun pasti akan mendongkrak sektor ekonomi masyarakat dan daerah secara umum.

“Masyarakat kita itu dalam mengolah ikan masih dengan cara tradisonal, di mana transportasi kita yang ada di Talaud sangat mempengaruhi sehinga mutu ikan itu tidak sesuai dengan harapan. Dulu, rata rata 70 persen itu ikan rusak hanya bisa diambil 30 persen. Tapi sekarang kita semua berharap menjadi lebih baik,” tuturnya.

Di satu sisi Moktar menambahkan saat ini pemerintah pusat sedang mengusulkan pembangunan kantor dan laboratorium untuk fasilitasi pengiriman ekspor ke negara asing.

Diketahui untuk ekspor perdana ini Pemerintah Kabupaten Talaud mengirim baby tuna seberat 0,4 ton ke Australia. Sementara target berikutnya adalah ke Jepang dengan bobot pengiriman yang lebih.

Tak lupa Moktar juga berterima kasih kepada pihak karantina ikan, beacukai dan perusahan yang didatangkan untuk membangun usaha di Kabupaten Talaud.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *