Tilang di Daerah Talaud Masih Manual

  • Whatsapp

TALAUD- Tilang Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) yang mulai serentak berlaku tanggal  23 maret 2021 melalui cctv di 7 kota di Indonesia,  di Sulawesi Utara   baru kota Manado yang melakukan hal tersebut,  di daerah kepulauan talaud misalnya untuk sekarang ini belum menerapkan.

Kasatlantas Polres Talaud, Iptu John Laluas mengatakan didaerah Talaud masih dengan melakukan tilang manual, namun  tetap bersifat online karena pelanggar lalu lintas saat di tilang oleh petugas tetap harus melakukan pembayaran denda dan administrasi lain bersifat online atau elektronik.  Daerah Talaud pada kategori jumlah kendaraan masih minim membuat pemberlakuan tilang Etle masih belum bisa dilakukan termasuk pada penganggaran dengan biaya besar untuk pengadaan elektronik cctv dan perangkatnya.

‘Meski tilang Etle sifatnya dengan mengirim surat oleh petugas Kepolisian terkait pelanggaran lalu lintas yang tertangkap oleh cctv, tetap petugas Kepolisian pun dilapangan masih bisa melakukan tilang, terutama pada pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terjadi lakalantas,”. Ujarnya (23/3/2021).

Penerapan tilang yang akan dilakukan oleh petugas kepolisian melalui cctv tersebut, diharapkan menjadi kesadaran oleh masyarakat terhadap disiplin berlalu lintas sehingga kesadaran hukum melalu ketaatan atau tertib  berlalu lintas untuk mengurangi angka kecelakaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *