World Cleanup Day, TP-PKK Tomohon Gelar Aksi Bersih-Bersih Danau Sineleyan

  • Whatsapp

TOMOHON, SULUT – Kebersihan lingkungan terus menjadi perhatian serius sejumlah elemen yang ada di kota Tomohon. Tindakan itu diperlihatkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Tomohon, yakni membersihkan Danau Sineleyan yang berada di pusat Kota.

“Ini adalah tindakan nyata kami sebagai TP-PKK dan juga warga kota Tomohon, untuk terlibat dalam usaha peduli terhadap lingkungan,” Kata Ketua TP-PKK Kota Tomohon Jeand’arc Senduk-Karundeng Jumat (17/09).

Menurutnya, Danau Sineleyan ini sangat penting bagi masyarakat kota Tomohon, salah satunya sebagai penyuplai air bersih.

“Danau Sineleyan ini punya peranan penting untuk lingkungan. Jadi sekerang ini kita lihat sudah penuh dengan alga. Pasti sudah terjadi juga pendangkalan,” sebut Karundeng.

“Padahal kita tau bersama Danau Sineleyan ini berperan penting bagi masyarakat kota Tomohon. Contoh, perairan yang menyuplai air bersih,” jelasnya.

Karena itu, menurutnya kalau tidak ada kepedulian, ini bisa berdampak tidak baik. Masyarakat bisa kekurangan air bersih, irigasi untuk pengairan sawah bisa terganggu,” aku Karundeng.

Dijelaskannya, kegiatan ini dirangkaikan  dengan ‘World Cleanup Day’ (Hari Bersih-Bersih se-Dunia). Yang tepat hari ini, 17 September 2021, banyak masyarakat di dunia merayakannya,” ujarnya.

Ia mengungkapakan, demi mewujudkan lingkungan yang bersih, perlu tindakan nyata dari seluruh masyarakat.

“Harus ada tindakan nyata. Karena siapa yang akan peduli terhadap lingkungan kita, lingkungan di mana kita berada, selain dari torang sendiri, masyarakat sendiri,” Tutup Karundeng.

Aksi ini diikuti langsung Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut, Sekretaris TP-PKK Kota Tomohon, Eleonora Lumentut-Sangi, dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *